Never Stop Learn

Selasa, 05 Januari 2021

Investasi Saham

Assalamualaikum, wr.wb

Selamat siang sobat ..Long time no to see you…

Hehe…sore ini kita akan membahas salah satu opsi investasi bagi kaum milenial seperti kita ya guys.

Apa itu saham ?

 


Sebelum berinvestasi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, beberapa hal yang bisa mimin share  yaitu :

           1.       Ketahui betul perusahaan yang anda jadikan sebagai lahan investasi, pastikan perusahaan dengan fundamental bagus dan menyangkut hajat hidup orang banyak.

           2.       Perbaiki niat dalam menanam saham, pastikan untuk semata-mata mencari ridho dari Allah SWT dan memiliki semangat untuk “to own” yang berarti agar perusahaan tersebut tidak jatuh ketangan Asing. Bisa dibayangkan apabila perusahaan besar di tanah air ini yang menguasai adalah orang asing. Satu lot yang kita beli semoga menjadi amal bagi kita dan sebagai bentuk nasionalisme kita dan cinta tanah air.

           3.       Jangan mementingkan untung dan rugi, namun percayalah dengan keyakinan yang baik kepada Allah maka suatu saat kita akan menuai hasilnya. Sehingga kita mendapat kebaikan dunia dan akhirat

 

Menurut mimin saham dengan fundamental yang baik memiliki ciri-ciri :

Ø     Digerakkan oleh manajemen perusahaan yang baik dan profesional.

Ø     Profit perusahaan senantiaa tumbuh (bahkan dalam jangka panjang).

Ø     Membayarkan deviden yang rutin kepada investor.

Ø     Rasio antara pendapatan dan hutang perusahaan yang proporsional.

 

Jangan lupa juga sob untuk melihat valuasi (nilai) dari saham itu sendiri, apakah harganya wajar atau tidak. Selain itu sobat juga harus menyiapkan dana cadangan apabila IHSG dibanting, Misalkan kita memiliki 10 juta maka pembagiannya 5 juta untuk saham dan 5 juta untuk dana cadangan yang bisa kita simpan di reksadana Syariah pasar uang. 5 juta yang kita simpan digunakan untuk meng average down harga saham kita agar tidak rugi terlalu dalam.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog