Never Stop Learn

Selasa, 04 Juni 2024

5 Fakta Menarik Dien Bien Phu Battle di Vietnam

Dien Bien Phu adalah salah satu pertempuran hebat yang terjadi di Vietnam pada tahun 1954. Pejuang dan warga Vietnam Bersatu padu mengusir penjajah Prancis. Pejuang Vietnam bertempur habis-habisan dengan mengorbankan segenap jiwa dan raga untuk terbebas dari cengkeraman penjajahan kolonial Prancis. 

 

vov

Perang Dunia II telah berkahir,namun Vietnam masih mengalami penjajahan, atas berkat dan keinginan para pejuang dan warga Vietnam perlawanan dibentuk. Berikut beberapa uraian garis besat pertempuran Dhien Bien Phu:

1.       Perancis mulai masuk ke Vietnam.

Masuknya Prancis ke Vietnam ditandai dengan masuknya pedagang Prancis ke negara tersebut pada abad ke-17 disertai dengan para misionaris. Perdagangan dan misi penyebaran agama menjadi titik awal kolonial Prancis diVietnam.

2.       Barakhirnya Perang Dunia II.

Akhir perang Dunia II dimenangkan oleh pihak Sekutu. Prancis tetap berupaya mengkolonisasi Vietnam, Kamboja dan Laos. Pejuang Vietnam dan warganya menginginkan kemerdekaan, sehingga dimulailah perang melawan kolonialisme Prancis di Vietnam.

3.       Tahun 1946 Viet Minh mulai melancarkan aksi perjuangan dan perlawanan terhadap pasukan Prancis.

4.       Pada bulan November 1953 terjadi pertempuran besar di lembah Dien Bien Phu, Vietnam. Pasukan terjun payung berusaha menguasai pangkalan udara dan membuat parimater pertahanan. Pertahanan ini diperkuat dengan 15.000 pasukan.

5.       Jenderal Vo Nguyen Giap ahli perang Vietnam.

Jagoan perang Vietnam ini memang ahli strategi, menjadikan pasukan Prancis kelimpungan di kepung puluhan ribu tantara pejuang Vietnam. Gempuran prajurit pejuang Vietnam akhirnya berhasil menumbangkan pertahanan pasukan Prancis pada tanggal 7 Mei 1954. Bendera Vietnam berhasil dikibarkan dibekas markas komando pasukan Prancis.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog