Never Stop Learn

Jumat, 20 November 2020

Al Jepang luncurkan Frigate terbaru

 Al Jepang atau lebih dikenal dengan Japan Maritime Self Defence (JMSDF) baru saja meluncurkan kapal perang terbarunya. Peluncuran kapal perang tersebut  dilaksanakan pada tanggal 19 November 2020 di Tamano Works, milik Galangan Kapal Mitsui E&S Shipbulding Co. L.td Jepang.

www.navalnews.net

BACA JUGA : Iver Huiitfeldt Class Frigate

     Kapal Figate dengan dimensi Panjang 130 meter dan lebar 16 meter ini diberi nama Kumano. Dilangsir dari halaman twiter JMSDF(19/11/2020), Kapal frigate dengan code 30DX akan diproduksi sebanyak 22 buah hingga tahun 2032. 

      Seri 30DX merupakan multi-mission  frigate yang dibuat untuk Al Jepang (JMSDF), di dunia internasional frigate ini juga dikenal dengan seri 30FF, 30FFM atau 30DEX. Kumano akan dipersenjatai dengan Meriam utama kaliber 54 mm lengkap dengan RCWS untuk melumpuhkan target bergerak. Frigate dengan bobot 3900 ton ini mampu menempuh kecepatan maksimal  hingga 40 knot dan mampu menampung akomodasi dari  100 personel pengawak.

     Didapuk sebagai kapal combatan yang menjadi tulang punggung armada, Kumano juga dilengkapi dengan 16 slot peluncur rudal Mk41 Vls yang mampu menghajar pesawat tempur, drone dan helicopter lawan. Untuk menghancurkan sasaran kapal permukaan kumano dilengkapi dengan 8 buah rudal anti-ship missiles dan 1 SeaRAM. Perangkat modern anti kapal selam juga terpasang pada Kumano, yaitu torpedo dan decoy serta Helikopter anti Kapal Selam yang dioperasikan untuk mengendus keberadaan kapal selam lawan dan melumpuhkannya. Perangkat tempur lain seperti drone kapal selam atau Unmanned underwater vehicles (UUV) dan drone permukaan atau Unmaned Survace Vehicles (USV) juga bisa diaplikasikan dengan frigate Kumano.

 Source : navalnews

Share:

2 comments:

Arsip Blog