Never Stop Learn

Senin, 27 September 2021

Wisata Sejarah Masjid Al Mujahidin Cibarusah

Assalamualaikum wrwb.
Selamat pagi sobat traveller. Sudah ngopi belum?? Hehe..
Pada kesempatan ini kita akan mengexpose wisata sejarah di Cibarusah. Apa itu ????
Yap...Masjid Al Mujahidin Cibarusah. 
Masjid ini didirikan pada bulan Juni 1937. Indonesia belum merdeka sob....
Lokasi masjid Al Mujahidin terletak di Jalan Cikarang-Cibarusah Kampung Babakan, Desa Cibarusah.
 
Masjid ini merupakan saksi sejarah perjuangan para santri mendukung kemerdekaan Indonesia. Ditempat inilah para laskar Hisbullah dididik dan ditempa pengetahuan militer untuk bekal merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. For Your Information Sob, Laskar Hisbullah didirikan oleh organisasi Islam Masyumi pada tahun 1944. Yuk kita simak short description Masjid era perjuangan leluhur kita.

Di dalam ruangan untuk shalat berjamaah, terdapat mimbar  keramik berwarna hijau berornamen ayat suci Al Qur'an. Dibagian pintu masuk terdapat ornamen tulisan kapan masjid dibangun. Tertanda tahun 1936 Rabiul Awal 1358. Untuk menuju lokasi tersebut sobat bisa klik di geogle maps Masjid AL Mujahidin Cibarusah, lokasinya tidak jauh dari pasar Cibarusah dan Masjid Perahu.
 

Pada salah satu tiang Masjid terdapat prasasti pembuatan Masjid. "HERBOUWD 1935/1937 COMITE MASJID". Pintu dan jendela masjid berbentuk segi empat tanpa lengkungan dengan dua daun pintu. Pintu utama masjid terdiri dari 3 buah pintu masuk di bagian depan dan 3 pintu di samping kanan masjid (sisi utara) yang masing masing terhubung dengan teras besar. Bentuk pintunya khas arsitektur jaman kolonial.  Teras sisi kanan masjid sebagian digunakan untuk tempat sholat jemaah wanita dan area tempat berwudhu. 


Apabila sobat melewati daerah cibarusah, jangan lupa mampir sob...tempatnya adem dan dekat dengan pasar Cibarusah. Ingat juga pesan Bung Karno, Jas Merah..Jangan Sampai Melupakan Sejarah. Sambil merenung sejanak bisa dibayangkan betapa gigih para santri berlatih untuk membela bangsa dan negaranya sambil memperdalam ilmu agama.


Dibagian luar Masjid terdapat beduk besar yang siap menandakan waktu sholat bagi warga sekitar. 

Tetap semangat dan never stop learn ya sob. 
Share:

5 comments: